Proses perizinan di Indonesia sering kali rumit dan memerlukan waktu lama. Pelaku usaha harus melalui berbagai tahapan administrasi. Kesalahan dalam pemilihan jenis dokumen atau ketidaksesuaian kewenangan penilaian sering kali memperpanjang proses perizinan. Selain itu, layanan perizinan sebelumnya tersebar di berbagai platform, membuat proses semakin berbelit. Oleh karena itu, integrasi Amdalnet dengan OSS-RBA dihadirkan untuk menyederhanakan dan mempercepat seluruh proses ini. Selain itu, penapisan jenis dan kewenangan penilaian dokumen lingkungan hanya bisa dilakukan melalui akun OSS milik Pelaku Usaha yang sudah dilakukan integrasi dengan sistem Amdalnet.
Integrasi ini dilakukan agar OSS-RBA (Online Single Submission–Risk Based Approach) memfasilitasi perizinan berusaha berbasis risiko dan kewenangan penilaian dokumen lingkungan, sementara Amdalnet mendukung proses penapisan dokumen lingkungan. Dengan integrasi ini, pelaku usaha dapat mengurus Perizinan Berusaha dan Persetujuan Lingkungan dalam satu platform.
Selain mempersingkat waktu, integrasi Amdalnet dengan OSS-RBA ini juga meningkatkan transparansi dan memperjelas pembagian kewenangan antara pemerintah pusat dan daerah. Artikel ini akan membahas lebih lanjut bagaimana cara menggunakan platform terintegrasi ini untuk mempermudah perizinan.
Apa itu Amdalnet?
Amdalnet merupakan sistem informasi yang digunakan untuk mengelola pengajuan dan persetujuan lingkungan secara online. Singkatnya, Amdalnet adalah platform digital yang digunakan oleh Pemerintah dan Pelaku Usaha untuk mengurus segala hal yang berkaitan dengan Persetujuan Lingkungan. Selain itu, Amdalnet merupakan subsistem dari Online Single Submission-Risk Based Approach (OSS-RBA) yang dimiliki oleh Kementerian Investasi / Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) yang dapat di akses pada tautan berikut amdalnet.menlhk.go.id.
Manfaat Amdalnet
Dengan dibangunnya Sistem Informasi Amdalnet terdapat beberapa manfaat yang diharapkan dapat membantu para Pelaku Usaha untuk mempercepat layanan persetujuan lingkungan, antara lain:
- Dapat memberikan kemudahan dalam proses penyusunan dokumen lingkungan hidup;
- Dapat memberikan kemudahan dalam proses pelayanan dokumen lingkungan hidup;
- Dapat mempercepat proses penilaian dan pemeriksaan dokumen lingkungan hidup;
- Dapat memberikan kemudahan dalam melacak dokumen, informasi dan data penting dalam proses penilaian dan pemeriksaan dokumen lingkungan hidup;
- Dapat membantu para pengambil keputusan untuk menentukan kelayakan atau ketidaklayakan lingkungan hdiup terhadap suatu rencana usaha dan/atau kegiatan; serta
- Dapat memberikan keterbukaan informasi publik dan transparansi dalam proses penilaian dan pemeriksaan dokumen lingkungan hidup.
Apa itu OSS-RBA?
Online Single Submission Risk Based Approach (OSS-RBA) atau Perizinan Berusaha Berbasis Risiko merupakan aplikasi perizinan berbasis web yang diberikan kepada Pelaku Usaha untuk memulai dan menjalankan kegiatan usahanya, dan dinilai berdasarkan tingkat risiko kegiatan usaha tersebut. OSS-RBA dapat diakses melalui lama berikut https://oss.go.id/.
Layanan yang disediakan OSS-RBA dalam hal penerbitan Perizinan Berusaha antara lain:
- Penerbitan perizinan berusaha berbasis risiko (rendah, menengah rendah, menengah tinggi, dan tinggi);
- Penerbitan perizinan berusaha berbasis risiko untuk usaha mikro dan kecil (UMKM);
- Perizinan berusaha untuk menunjang kegiatan usaha (PB UMKU);
- Pengembangan usaha; merger, konsolidasi, dan likuidasi usaha.
Untuk penjelasan lebih lengkap mengenai langkah-langkah perizinan berusaha melalui OSS-RBA, dapat dibaca di sini. Sedangkan penjelasan terkait dengan Perizinan Berusaha untuk Menunjang Kegiatan Usaha (PB UMKU) dapat diakses pada tautan ini.
Integrasi Amdalnet dengan OSS-RBA dan Penapisan Dokumen Lingkungan
Dikutip dari website Amdalnet.menlhk.go.id terhitung sejak 1 Mei 2024, permohonan persetujuan lingkungan oleh Pelaku Usaha untuk Penapisan Rencana Usaha dan/atau Kegiatan baru dilakukan melalui sistem OSS-RBA yang terintegrasi dengan Amdalnet. Sehubungan dengan hal ini terdapat beberapa penyesuaian dan masa transisi yang perlu diperhatikan antara lain:
- Pelaku Usaha tidak dapat lagi melakukan registrasi akun baru di Amdalnet. Sehingga Pelaku Usaha hanya dapat menggunakan akun OSS-RBA yang sudah ada untuk memproses Persetujuan Lingkungan di Amdalnet.
- Pelaku Usaha tidak dapat membuat rencana usaha dan/atau kegiatan secara mandiri di Amdalnet. Pelaku Usaha hanya dapat memproses penapisan berdasarkan kegiatan usaha yang telah dibuat di OSS-RBA.
- Pelaku Usaha wajib memastikan bahwa NIB dan email yang terdaftar di Amdalnet sama dengan akun OSS-RBA. Agar rencana usaha dan/atau kegiatan yang telah berproses di Amdalnet, dapat sinkron otomatis dengan akun OSS-RBA.
Integrasi Amdalnet dengan OSS-RBA akan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mengurus perizinan. Kini, Pelaku Usaha hanya perlu membuat satu akun di OSS dan dapat mengakses kedua sistem tersebut secara simultan melalui fitur Single Sign On (SSO). Hal ini memungkinkan pengajuan permohonan perizinan berusaha dan persetujuan lingkungan dilakukan dalam satu platform terpadu.
Integrasi Amdalnet dengan OSS-RBA juga memberikan kemudahan dalam permohonan arahan dokumen lingkungan. Sebelumnya, pemrakarsa harus mengajukan permohonan secara manual dengan mengirim surat ke instansi lingkungan hidup sesuai kewenangannya. Sekarang, informasi terkait kewenangan dan jenis dokumen lingkungan yang diperlukan dapat diakses melalui penapisan mandiri di Amdalnet.
Kegiatan yang telah memiliki persetujuan lingkungan namun mengalami perubahan persetujuan lingkungan juga dapat memperbarui informasi lingkungannya melalui platform ini. Hasil penapisan dokumen lingkungan di Amdalnet bersifat valid dan dapat dijadikan acuan dalam penyusunan dokumen lingkungan.
Materi artikel terkait penapisan dokumen lingkungan menggunakan Amdalnet dapat diakses pada tautan berikut.
Proses Integrasi Amdalnet dengan OSS-RBA untuk Penapisan Dokumen Lingkungan
Proses Integrasi Amdalnet dengan OSS-RBA merupakan langkah strategis dalam menyederhanakan dan meningkatkan efisiensi perizinan berusaha di Indonesia. Integrasi ini bertujuan untuk menyatukan sistem informasi pengelolaan lingkungan hidup dengan sistem perizinan berusaha secara terintegrasi, sehingga memberikan kemudahan bagi pelaku usaha dalam mengurus perizinan. Proses Integrasi Amdalnet dengan OSS-RBA dapat dilihat pada bagan berikut:
Prosedur tersebut diawali dengan melakukan pemenuhan Persyaratan Dasar antara lain Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang (KKPR) dan/atau Kesesuaian Kegiatan Pemanfaatan Ruang Laut (KKPRL), Persetujuan Lingkungan (PL), Persetujuan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF).
Pemenuhan persyaratan dasar tersebut dapat dilakukan melalui OSS-RBA yang dilanjutkan ke Amdalnet sesuai dengan data yang sudah diisikan di OSS-RBA. Langkah-langkah integrasi Amdalnet dengan OSS – RBA harus ditempuh oleh Pelaku Usaha termasuk pelaksanaan penapisan jenis dan kewenangan penilaian dokumen lingkungan adalah sebagai berikut:
- Pelaku Usaha menyiapkan persyaratan dokumen sesuai dengan format yang telah ditentukan;
- Membuat akun di Sistem OSS-RBA;
- Melakukan pengajuan dan Pemenuhan Persyaratan Dasar di Sistem OSS-RBA;
- Single Sign On (SSO) dengan membuka laman Amdalnet dan login menggunakan akun OSS-RBA;
- Daftar kegiatan yang sudah diinput di OSS-RBA akan tampil juga di Amdalnet, selanjutnya Pelaku Usaha dapat memilih kegiatan yang akan dimohonkan dan lakukan proses Penapisan;
- Pelaku Usaha melakukan penyusunan dokumen Lingkungan;
- Dilakukan penilaian dan pemeriksaan dokumen lingkungan;
- Penerbitan persetujuan lingkungan;
Layanan Konsultasi Perizinan Berusaha Terintegrasi
PT Citra Melati Alam Prima adalah konsultan perizinan terintegrasi berpengalaman yang siap mendampingi perusahaan Anda dalam memenuhi berbagai kebutuhan perizinan, mulai dari pemilihan KBLI hingga pemenuhan persyaratan teknis lainnya. Kami mengedepankan pemanfaatan teknologi terbaru dan selalu mengikuti perkembangan regulasi untuk memastikan setiap proses berjalan sesuai ketentuan.
Dengan layanan kami, proses perizinan—termasuk yang terhubung dengan integrasi Amdalnet dengan OSS-RBA—dan penapisan jenis dan kewenangan penilaian dokumen lingkungan dapat diurus secara efisien, akurat, dan tanpa hambatan. Akses layanan kami melalui website, di mana Anda bisa berkonsultasi langsung untuk solusi terbaik sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Kami juga menyediakan materi edukasi perizinan yang bisa diakses melalui tautan ini.
Hubungi kami di sini untuk informasi lebih lanjut.